Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Perlakukan dengan baik March 21, 2009

Posted by admin in : Article, Cerita menggugah , trackback

Sebuah kisah yang ditulis oleh Daniel Iswahyudi di website andriewongso.com patut untuk kita baca. Sangat menggugah, berikut adalah penuturannya sesuai sumber artikel.

Seorang teman pernah menceritakan kepada saya, bahwa apa yang kita berbuat kepada orang lain, barangkali akan cepat kita lupakan, tetapi tanpa kita sadari akan membekas dalam hati orang lain.

Peristiwa ini terjadi di penerbangan Trans-Atlantik pada 14 Oktober 1998. Seorang wanita duduk di sebelah seorang pria kulit hitam. Si wanita nampak gelisah, bertanya pada pramugari untuk mencarikan tempat duduk kosong lain, sebab dia tak ingin duduk di sebelah orang yang tak menyenangkan.

Pramugari mengatakan bahwa pesawat itu penuh, tapi ia akan mencoba memeriksa kalau-kalau ada tempat duduk kosong di kelas satu. Segenap penumpang lain yang memperhatikan kejadian itu merasa terkejut dan kesal. Bukan saja karena wanita itu bersikap kasar dan keterlaluan, tapi bahwa wanita itu kemungkinan bisa dipindahkan ke kelas satu.

Pria yang duduk di sebelah wanita itu merasa sangat tidak nyaman melihat semua kejadian itu, tapi cukup menguasai diri dan tidak bereaksi. Suasana di kabin pesawat terasa penuh ketegangan. Sementara wanita tadi tampak puas, karena merasa akan dipindahkan ke kabin kelas satu, menjauhi penumpang tak menyenangkan di sebelahnya.

Beberapa menit kemudian pramugari tadi kembali dan memberitahu wanita tadi:

“Maaf, bu. Seluruh tempat duduk pada penerbangan ini betul-betul penuh. Untunglah saya menemukan satu tempat duduk dosong di kabin kelas satu. Tapi perlu sedikit waktu, sebab untuk membuat perubahan demikian saya harus mendapatkan ijin dari kapten pesawat. Beliau mengatakan bahwa kami tak seharusnya memaksa orang duduk di samping orang yang tak menyenangkan dan memerintahkan saya melakukan perubahan segera.”

Penumpang lain tak percaya dengan apa yang mereka dengar dan wanita tadi dengan ekspresi kemenangan di wajahnya, bersiap-siap untuk bangun meninggalkan tempat duduknya.

Kemudian pramugari tadi berpaling kepada pria berkulit hitam di sebelah penumpang wanita tadi dan berkata: “Tuan… bersediakah anda direpotkan sejenak ikut saya pindah ke kabin kelas satu? Atas nama penerbangan ini, kapten mohon maaf telah memberikan tempat duduk di sebelah orang yang kurang menyenangkan. ”

Dan seluruh penumpang di kabinpun bertepuk tangan. Mereka berdiri memberikan penghargaan akan solusi atas sikon demikian yang dilakukan awak kabin dengan sangat baik

Tahun itu, sang kapten dan pramugarinya menerima penghargaan atas tindakan mereka di penerbangan tersebut. Sehubungan dengan hal itu, pihak perusahaan menyadari mereka belum memprioritaskan pelatihan yang cukup terhadap para karyawannya. Perusahaan Penerbanganpun segera melakukan perubahan! Sejak peristiwa tadi, di semua kantor mereka dan dalam tampilan yang terlihat jelas oleh semua orang, terpampang tulisan sebagai berikut:

Orang bisa melupakan apa yang anda ucapkan pada mereka.
Orang bisa melupakan apa yang anda perbuat terhadap mereka.
Tetapi mereka tak akan pernah melupakan kesan yang anda tinggalkan di hati mereka.

Jadi benarlah apa yang pernah dikatakan orang bijak: “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.” Kalau kita ingin dihargai, maka hargailah orang lain. Kalau kita ingin dikasihi, kasihilah orang lain. Kalau kita ingin selalu menerima yang baik, maka perlakukanlah orang lain dengan baik.

Orang lain itu bisa berarti orang-orang di sekitar kita: Istri, Suami, Anak, Orang tua, Atasan, Bawahan, Relasi, atau bahkan seorang Office Boy dan pembantu kita.

Sumber : http://www.andriewongso.com/awartikel-2615-Artikel_Anda-Perlakukan_Dengan_Baik
Penulis : Daniel Iswahyudi


12 Responses to “Perlakukan dengan baik”

  1. 1
    maitink Says:

    Ok banget lah.
    btw, bleh khan kalo artikelnya saya publish di blog saya?
    Tq

  2. 2
    admin Says:

    @maitink: silahkan publish, mohon dicantumkan sumbernya. terima kasih kunjungannya

  3. 3
    mely Says:

    Hari gini…? Udah gk ada perbedaan warna kulit. Wong presiden amerika aja kulitnya hitam .so .. Berbuat baik aja sama semua orang kapan dan di mana pun.

  4. 4
    Handri Says:

    Cerita yang menggugah, tapi mungkin pernah terjadi dalam kehidupan kita ini, so berbaiklah dalam budi pekerti kita sehari-hari. Jangan pernah menghina orang kalau kita tidak ingin di hinakan orang lain. Salam kenal.

  5. 5
    endjoyadja Says:

    100 % setuju
    thx artikelnya

  6. 6
    kemala dewi Says:

    bagus bgt…menggugah hati,semangat truz tuk jd org yn mnghargai org lain

  7. 7
    kartika Says:

    saya bertepuk tangan membaca artikel ini. boleh nggak saya kutip dalam tulisan saya?

  8. 8
    admin Says:

    @kartika: silahkan dikutip. terima kasih atas kunjungannya

  9. 9
    wenny Says:

    luar biasa artikelnya, boleh ya wn bawakan di doa pagi dtempat kerja wn, biar jd motivasi

  10. 10
    admin Says:

    @wenny: silahkan, semoga bermanfaat

  11. 11
    wiwin aisha Says:

    top bgt…

  12. 12
    nuno Says:

    wahh… bener2 baus tuh artikel..mdah2 dapat jadi motivasi bagi diriku sediri or orang lain..amin…

Leave a Reply