Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Investasi di saat Krisis Ekonomi – Sebuah Analisa October 25, 2008

Posted by admin in : Article, Bisnis hari ini, Studi Kasus , trackback

Sejak gejolak pasar saham di dunia menanggapi krisis ekonomi yang terjadi di amerika serikat, telah sampai pada ambang yang meresahkan para investor. Pasar dilanda kepanikan dan investor cukup gugup menanggapi pergerakan harga saham di dunia. Sehingga beberapa melakukan langkah cepat dengan menarik dana dari pasar saham.

Hal ini tentunya dalam pasar yang normal seharusnya tidak terjadi, karena secara fundamental negara-negara lain cukup bagus pertumbuhan ekonominya. Namun ketidakpercayaan dan kegugupan pasar menyebabkan banyak Investor mengambil langkah di luar logika normal.

Dahulu di awal krisis, banyak orang mengira emas adalah salah satu investasi yang baik di saat Krisis Ekonomi. Sehingga banyak yang memindahkan dananya ke logam mulia ini. Alhasil harga emas mencapai kisaran 980 USD per troy ounce. di bulan Juli 2008, merupakan rekor harga emas tertinggi. Namun dengan bergulirnya waktu, orang mulai menyadari emas bukanlah investasi yang aman dan akan berkembang terus saat ini. Sehingga orang pun mulai menjual emas, dan alhasil bulan ini harga emas mencapai harga terendah tahun ini yaitu kisaran 680 USD per troy ounce.

Menurut analisa saya, hampir seluruh jenis investasi saat ini tidak dapat diprediksi. Mulai dari investasi asuransi, surat berharga, hingga deposito perbankan saya pikir tidak terlalu aman. Karena pasar benar-benar gugup menghadapinya. Namun saya berpikir bahwa investasi yang tepat untuk saat ini adalah investasi dimana Anda memiliki kontrol penuh terhadapnya.

Saya berpikir investasi di sektor riil adalah tepat untuk saat ini. Karena Anda memiliki kontrol yang kuat terhadap usaha ini, Contohnya toko, properti ( mungkin bisa bertahan ). Selain itu sektor jasa juga akan tetap bertahan di kala krisis saat ini. Apalagi upaya beberapa negara untuk menurunkan suku bunga banknya untuk mencegah perlambatan ekonomi di negaranya.

Jadi saya pikir kita harus bijaksana menyikapi kondisi saat ini. Jangan takut akan krisis ekonomi yang sudah di depan mata atau malah mungkin sudah di mata kita, hehe. Bagi saya, orang yang bisa sukses adalah orang yang bisa bertahan dalam kondisi apapun dan memanfaatkan peluang-peluang yang Ada saat ini dengan jeli.


Leave a Reply