Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Saat yang tepat Beli Emas atau Investasi Emas Logam Mulia September 16, 2008

Posted by admin in : Article, Bisnis hari ini, Tip-bisnis , trackback

Di saat harga minyak melonjak maka nilai emas atau logam mulia pun melonjak dahsyat. Bulan Juli 2008 Kemarin Harga Logam Mulia ini dijual di kisaran harga 988 USD per troy ounce. Merupakan harga tertinggi dalam sejarah, bagi Anda yang memiliki orang tua suka membeli emas, maka saat itu merupakan hasil dari investasi mereka bertahun-tahun.

Seperti kita ketahui Emas merupakan salah satu pilihan investasi bagi banyak orang. Lebih baik daripada menyimpan uang di Bank, maka investasi emas atau logam mulia merupakan investasi jangka Panjang. Ada yang mengatakan beli atau timbun Emas sekarang, dan tukarkan ke properti di masa depan.

Ini dikarenakan nilai emas yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun menjadikan investasi ini primadona bagi kebanyakan orang.

Satuan Logam Mulia

Logam mulia yang dimaksud disini adalah emas 24 karat bukan emas perhiasaan. Jika Anda invest emas perhiasan, walaupun nilainya juga akan meningkat namun untungnya tidak sebanyak jika Anda membeli emas batangan. Karena ada perhitungan biaya produksi dan emas yang digunakan tidak murni pada Emas perhiasan.

Satuan yang sering digunakan dalam perdagangan emas didunia adalah 1 Troy Ounce, yaitu 31.1 gram. Kita juga mengenal ukuran atau satuan ounce pada makanan sebesar 28.35 gram. Dan satuan warisan penjajahan belanda, yaitu 1 ons sama dengan 100gram.

Contoh perhitungan harga emas dunia. Pada bulan September ini harga emas mencapai level terendah tahun ini yaitu 736 USD per 1 Troy ounce. maka harga per gramnya adalah 736/31.1 = 23.66 USD per gram atau sekitar 225ribu Rupiah. Patokan kurs dollar Rp. 9.500 per dollar Amerika.

Bagaimana cara mengecek harga Logam mulia atau emas

Jika anda serius berbisnis emas, maka Anda perlu untuk memantau perkembangan harga emas dari waktu ke waktu. Ada 2 cara yaitu menggunakan software Metatrader yang biasa digunakan oleh trader forex atau dengan mengakses situs http://logammulia.com/.

Saat ini kisaran emas adalah sekitar 230ribu-250ribu dan merupakan harga yang bagus untuk membeli Emas. Walaupun kebanyakan toko atau pedagang emas mengatakan stok habis karena mereka mungkin membeli emas di harga tertinggi kemarin.

Namun jika Anda jeli Anda masih bisa menemukan pedagang emas yang memiliki stok saat ini. Perlu diingat untuk selalu berhati-hati dalam transaksi jual beli emas. Karena banyak penipuan dan rawan kejahatan perampokan.

Ada beberapa tips ketika Anda membeli emas

  1. Bandingkan harga secara online maupun offline. Biasanya pedagang emas mencari untung sekitar 10ribu-15ribu dari harga saat ini.
  2. Beli emas dalam pecahan kecil contohnya 5 gram, 10 gram, 20 gram atau 50 gram. Sehingga memudahkan Anda dalam bertransaksi.
  3. Usahakan pada emas tertera logo Logam Mulia dan sertifikat. Kalau tidak ada cukup surat dari toko yang bersangkutan mengenai emas yang Anda beli, seperti karat dan jumlah gramnya.
  4. Jika anda memiliki toko langganan, Anda bisa bertransaksi lewat telepon dan barang dikirim ke rumah Anda.

Berikut adalah gambar lempengan Emas dan sertifikat dari logammulia.com

 


3 Responses to “Saat yang tepat Beli Emas atau Investasi Emas Logam Mulia”

  1. 1
    Investasi Emas Says:

    tips : bila ingin beli emas di logam mulia, lebih baik cek dulu di websitenya, karena sering harus indent dulu.

  2. 2
    investasi emas Says:

    Emas memang sangat menarik sebagai sarana investasi dan juga penangkal inflasi.

  3. 3
    Kebun Emas Says:

    Informasi yang sangat menarik, memberi wawasan baru bagi saya, terima kasih

Leave a Reply