Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Apa itu Buzz Marketing? August 9, 2008

Posted by admin in : Article, Bisnis Dasar , trackback

Mungkin tidak banyak yang mengenal istilah Buzz Marketing. Padahal mungkin mereka sudah sering berhadapan dengan jenis marketing ini. Secara singkat Buzz marketing merupakan sebuah teknik dari viral marketing yaitu mengirimkan informasi ke orang lain dan berharap orang lain meneruskan ke orang lain.

Viral Marketing

Merupakan teknik-teknik marketing dimana sebuah perusahaan mengirimkan pesan ke orang lain dan kemudian si penerima pesan akan meneruskan ke orang lain juga. Begitu seterusnya sehingga terjadi pertumbuhan yang bersifat eksponensial. Sangat dasyat.

Di internet viral marketing berarti sebuah website atau pengguna Internet yang mengirimkan pesan ke website atau orang lain dan diteruskan ke website lainnya. Teknik ini sangat berhasil di Internet karena karakteristik dari internet itu sendiri. Contohnya hotmail menambahkan informasi layanan dan iklan-iklannya di setiap email Hotmail. Sehingga informasi ini tersebar dengan cepat dan luas.

Beberapa orang menggunakan istilah yang berbeda untuk menyebutkan viral marketing, seperti : avalanche marketing, buzz marketing, cascading style marketing, centrifugal marketing, exponential marketing, fission marketing, grass roots marketing, organic marketing, propogation marketing, referral marketing, ripple marketing, self-perpetuation marketing, self-propogation marketing, wildfire marketing.

Buzz Marketing

Merupakan salah satu teknik viral marketing dimana sebuah individu unik yang bersifat spontan mengirimkan informasi kita kepada jaringan di bawahnya atau relasinya. Teknik ini begitu murah jika dibandingkan dengan menyewa profesional marketer yang berharga mahal.

Pengiklan menginformasikan produk dan layanan mereka kepada beberapa orang pilihan mereka. Dengan harapan orang pilihan ini bisa menjadi prospek yang baik sehingga ia akan mengerti tentang produk dan layanan kita. Buzz marketing menciptakan pemasaran dari mulut ke mulut prospeknya.

Walaupun Buzz marketing bukanlah sesuatu yang baru, namun adanya internet memberikan sebuah cara baru untuk menerapkan teknik ini. Di mulai dari chatting room yang memperkenalkan istilah Buzz untuk mendapatkan perhatian tentang pesannya dan meneruskan pesan tersebut ke buddy list atau daftar contactnya.

Beberapa perusahaan juga mencari blog yang potensial kemudian memasang iklan disana. Beberapa juga tergabung dalam program PPC seperti Google Adword sehingga mudah tersebar di berbagai situs dan dibaca oleh banyak orang. Teknik ini akan bertahan cukup lama dengan dipermudah menggunakan teknologi Internet


Leave a Reply