Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Tips menjaga kualitas suara July 24, 2008

Posted by admin in : Article, NLP , trackback

Sumber artikel dari mailing list yang dipost oleh IBSC TV Presenter

Pada saat presentasi, kualitas vocal sangat menentukan keefektifan dalam presentasi. Walaupun komunikasi visual dan verbal merupakan faktor penting tapi kualitas suara juga merupakan faktor yang signifikan. Untuk menjaga kualitas suara agar tetap fit ada beberapa tips yang dapat dipergunakan :

  1. Jangan Merokok
    Jika ingin menjaga kualitas suara tetap prima usahakan agar hindari rokok. Unsur dalam rokok menyebabkan dapat merusak suara.
  2. Minum air putih yang cukup
    Hindari untuk meminum teh, kopi, alcohol. dan air bersoda yang terlalu banyak. Usahakan hanya meminum 2-3 gelas perhari. Menurut penelitian terlalu banyak berjemur dipanas matahari dan berada diruangan ber AC menurunkan kualitas suara.
  3. Pemanasan
    Melatih suara sama dengan melatih otot diperlukan pemanasan. Teknik yang bisa dilakukan antara lain :

    1. Lion Face bertujuan melemaskan otot-otot muka : Muka diciutkan bersamaan dengan menguncupkan jari – jari kedua tangan. Kemudian dilebarkan dengan menjulurkan lidah. Frekwensi 5 x @ 5 Hitungan
    2. Mengatupkan Gigi bertujuan melemaskan otot-otot rahang : Gigi dikatupkan dengan kuat, sementara bibir terbuka bersamaan dengan itu kedua tangan dikepalkan, 10 x @5 hitungan
  4. Hindari makan terlalu malam
    Makan terlalu malam mengakibatkan pencernaan yang tidak sempurna sehingga mempengaruhi kerja tenggorokan yang akan mempengaruhi kualitas vokal.
  5. Mengontrol stress
    Stress yang berlebihan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas suara. Gunakan teknik relaksasi dan bernafas yang dalam dapat mengurangi stress.

Selamat menerapkan, semoga bermanfaat.

(disadur dari berbagai sumber)
IBSC TV Presenter


One Response to “Tips menjaga kualitas suara”

  1. 1
    ninha Says:

    makasih atas informasinya ya………

Leave a Reply