Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Bisnis di Investment Banking June 16, 2008

Posted by admin in : Article, Bisnis Dasar , trackback

Dalam operasional sehari-hari umumnya suatu investment banking mempuyai 3 bagian utama yaitu Front Office, Middle Office dan Back Office. Pembagian ini bisa digambarkan secara detail sebagai berikut:

1. Front Office.
Bagian ini termasuk divisi yang membantu customer untuk memperoleh dana dari Capital Market ataupun perorangan, melakukan advise on Merger dan Akuisisi ataupun advise on company restructuring. Bagian ini sering disebut juga sebagai bagian Corporate Finance. Bagian lain di front office adalah bagian financial market yang terdiri dari Sales, Trading, Research dan Structured Finance, atau Financial Derivative lainnya.

2. Middle Office.
Adalah bagian dari suatu investment banking yang melakukan support dalam hal risk management terhadap financial2 instrument yang diperdagangkan di investment banking tersebut. Biasanya bagian ini banyak di isi oleh para PhD2 di bidang hard science yang tugasnya melakukan modeling dari suatu financial instrument sehingga bisa diperhitungkan upside ataupun down side beradasarkan estimasi dari pergerakan harga instrument tersebut di masa yang akan datang.

3. Back Office
Bagian ini terlibat dalam hal operasional yang berhubungan dengan data-checking dari suatu trading apakah sesuai dengan peraturan yang telah diberlakukan oleh perusahaan maupun peraturan dari pihak berwenang. Tentu saja sebagaimana pekerjaan back office lainnya, selalu monoton dan membosankan. Tapi justru karena itu banyak orang yang nggak suka, jadi untuk masuk di dividi ini di Investment banking di New York relatif lebih gampang di banding bagian2 lain di Front
ataupun middle office (maklum tenaga kerja di investment banking di harga2 rata2 50% – 100% lebih banyak dibanding di industri lain:). Seperti halnya perusahaan2 yang lain, back office juga termasuk teknologi support.

Penulis Irsal


Leave a Reply