Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Tip Bisnis #1 : Atasi Permasalahannya May 27, 2008

Posted by admin in : Article, Tip-bisnis , trackback

Bila Anda pernah berhadapan dengan seorang pelanggan potensial dan tanpa disadari Anda tengah berjalan menuju sarang lebah, Anda tahu betapa sulitnya mencairkan suasana yang sulit. Satu dosis kecil latihan dapat menyembuhkan masalah  besar yang tidak menyenangkan. Selain itu juga dapat membantu Anda menghindari argumen yang seringkali membuat Anda kalah.

Untungnya, saat Joko harus menangani seorang pelanggan yang marah, ia tahu betul bagaimana menyelaraskan diri dengan pelanggan yang mengajukan keluhan. Setelah Joko menanyakan permasalahan yang membuat sang pelanggan kecewa, ia mengajukan sebuah pertanyaan penting: “Apa yang dapat kami lakukan untuk mengatasi permasalahan ini sehingga dapat memuaskan Anda?” Dengan menghindari perang mulut kepada pelanggan yang menyebabkan kedua pihak menjadi merasa paling benar, ia mampu mencapai ke akar permasalahannya serta mengatasinya dan mengubah pelanggan yang mengeluh menjadi pelanggan yang puas.

Tugas : Belajarlah cara untuk meredakan amarah pelanggan. Ungkapan kuncinya adalah: Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini? Ingatlah bahwa bila pelanggan tidak puas dengan solusinya, maka Anda akan kehilangan pelanggan tersebut dengan mudah. Ini bukan masalah harga diri. Maka pastikan Anda mengasingkan ego Anda jauh dari tanggapan yang Anda berikan.

Epilog :  Bisa jadi Anda memenangkan perdebatan, namun Anda akan kehilangan pelanggan. Mana yang anda pilih, kebenaran atau mendapatkan bisnis?

Sumber : Buku 151 Ide Cerdas Mendapatkan Pelanggan Baru


Leave a Reply