Pasang Iklan Disini


jump to navigation

Empat Pilar NLP May 15, 2008

Posted by admin in : Article, NLP , trackback

Ada artikel bagus yang pernah dimuat dalam Majalah Training Indonesia edisi VI/ Desember 2005, hasil wawancara Dr.Stefanus Isaac Tamsil (NLP Master Trainer) dan Bpk. Syaiful Bachri (Coach CHF) tentang Empat PIlar NLP.

Didalam NLP ada empat pilar yaitu:

  1. Self skill dalam pilar ini dijelaskan tentang keberadaan attitude. Self Skill sendiri terbagi dari sense of self, personal mastery dan personal power.
    Sense of self merupakan keadaan dimana manusia sadar sesadar-sadarnya. Sadar dengan keberadaan dirinya, tentang siapa dirinya, juga tugas yang diembannya sebagai manusia. Personal Mastery adalah kelanjutan dari sense of self. Manusia memiliki penyadaran terhadap setiap langkah yang diambilnya. “Manusia dikatakan memiliki personal mastery kalau dia bisa mengontrol tindakannya dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Nah, kalu sudah begitu maka akan lahirlah yang namanya personal power.
  2. Relational skill maksudnya adalah kemampuan seseorang untuk membangun hubungan baik dengan orang lain. “Nah dalam training NLP, umumnya kita akan dijelaskan berbagai metode dan teknik untuk membangun keterampilan dalam membina hubungan. Ini yang sekarang banyak berkembang”.
  3. Strategic thinking skill kemampuan manusia untuk memprediksi masa depan. Maksudnya merancang dan merencanakan masa depan yang akan dijalaninya di kemudian hari. Hal ini terkait dengan visi misi hidupnya. Mampu membuat perencanaan hidupnya ke depan.
  4. Systemic thinking skill kemampuan manusia untuk membuat action plan dan mengambil keputusan yang bijaksana dan bertanggung jawab saat ini, mengacu pada keadaan di masa depan.

Leave a Reply